Jumat, 17 Desember 2010

Let Get Lost with Parkour!

Pengertian
Parkour (biasanya disingkat PK) yang mempunyai arti bergerak/ pindah dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin, menggunakan prinsip dari Parkour itu sendiri dan mengedepankan keindahan bergerak, sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.
Parkour dikembangkan oleh David Belle dan Sebastian Faucan, mereka berdualah yang telah memperkenalkan olahraga ini keseluruh dunia, pada awalnya hanya Perancis, kemudian daratan Eropa barulah menyebar keseluruh dunia.
Olah raga ini biasanya dikenal dengan sebutan “Yamakasi” (sebuah film perancis pada tahun 2001) padahal sebenarnya Yamakasi adalah team Parkour yang terdiri dari 7 orang yang berasal dari Lisses Perancis, mereka adalah anak buah didik David Belle.
Dulu Parkour dan Freerunning adalah satu olahraga, tapi karena David Belle dan Sebastian Faucan mempunyai prinsip yang berbeda tentang olahraga ini, akhirnya di tahun 2006 Parkour dan Freerunning menjadi 2 olahraga yang berbeda.
Perbedaan Parkour dan Freerunning sangat tipis dalam masalah teknik dan basic, akan tetapi perbedaan kedua olahraga ini sangat jauh apabila dilihat dari fundamental. Parkour adalah olahraga yang mengandalkan kemampuan tubuh manusia beserta mental, dan ditambah lagi dengan filosofi kehidupan yang diapresiasikan dalam bermain Parkour, sedangkan Freerunning bisa dikatakan olahraga bebas seperti skate board, BMX, break dance, dsb. Freerunning tidak terikat peraturan-peraturan yang mendasar bagi para praktisinya yang disebut dengan Freerunner.
Parkour tidak terikat pada peraturan-peraturan yang formal, kembali pada diri masing-masing, etika dan tanggung jawab terhadap Parkour itu sendiri, ini hanya improfasi-mengembangkan diri tanpa ada ikatan- ikatan.

Traceur adalah sebutan untuk para praktisi Parkour, orang bisa dikatakan traceur jika orang tersebut sudah memahami arti, basic, dan filosofi dari Parkour itu sendiri.


Terminologi
Parkour berasal dari kata parcours du combatant yang berarti pelatihan halang rintang militer, kata Parcours “c” diganti menjadi “k” dan “s”nya dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour itu sendiri “Parkour’s philosophy about efficiency”
Traceur berasal dari kata “tracer” yang berarti cepat, mempercepat (to trace/ to go fast)


Sejarah
Sebenarnya Parkour sudah ada sejak dulu (sebelum manusia mengenal kata “Parkour” itu sendiri), tapi Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh David Belle yang berasal dari Perancis.
Terinspirasi dari ayahnya Raymond Belle (tentara perancis) yang mengenalkan kepada David parcours du combattant (latihan halang rintang pada sesi militer), sejak saat itu David sepulang sekolah memainkan scenario sendiri, bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit.
Berlari, molompat, vaulting (melompat dengan menggunakan tangan sebagai tumpuan), memanjat, berpegangan pada sesuatu, menjaga keseimbangan, dan melewati halangan…. Bagi David, itu semua sudah menjadi sebuah obsesi.
Sejak Usia 15 tahun dia pindah ke Lisses (daerah Paris) pada waktu itu dia bertemu dengan para remaja disana dan tertarik apa yang dilakukan David (yang kemudian menjadi Yamakasi), selama 8 tahun dia mengajari para remaja Lisses.
Pada pertengahan 1997 sedikit demi sedikit Parkour sudah dikenal, film independent David tentang Parkour telah disiarkan oleh tv local. Ketekunan dan usaha bisa membangun motifasi untuk Parkour. Sejak saat itu tim-tim terkenal seperti the speed-air men, the catmen, la Rel-ve, dan yang terkenal les traceurs. Sejak saat itu kata ‘traceur’ dipakai David untuk para praktisi Parkour.
Saat ini David Belle memulai tur dunia dengan asosiasi yang dia dirikan (PAWA) bersama tim Parkour yang dulu dia dirikan.


Filosofi dari Parkour
Tujuan dan inti dari Parkour itu sendiri adalah mampu menghadapi semua rintangan atau obstacles di sepanjang track yang kita lalui, baik itu di lingkungan alam maupun di lingkungan perkotaan, dengan mengunakan beberapa gerakan yang istimewa dan indah dengan cara mengkombinasikan beberapa gerakan yang mengalir dan control yang penuh.

Parkour juga mengandung pembelajaran yang positif untuk diri sendiri, yaitu manjawab tantangan untuk melawan semua rasa takut dari dalam diri kita sendiri. Karena kadangkala setiap rintangan dan obstacles yang akan kita lalui tidak seperti yang pernah kita bayangkan. Saat kita menjalankan track kehidupan, terdapat banyak rintangan dan masalah hidup yang terlihat seperti obstacles dalam hidup. Dengan memakai prinsip dari Parkour, kita akan berusaha melewati obstacles tersebut dengan indah dan penuh control. Memecahkan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien.

Parkour bukan hanya melatih fisik tapi juga mencerminkan sebuah filosofi moral dengan nilai-nilai tersendiri. Bukan hanya sekedar sebuah olah raga, tapi juga sebuah seni. Dan yang paling penting Parkour adalah sebuah filosofi yang selalu dipakai semua orang setiap hari.

Nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam Parkour:

1. Seni untuk melewati semua masalah dalam track kehidupan. Saat kita menjalankan track kehidupan, terdapat banyak rintangan dan masalah hidup yang terlihat seperti obstacles dalam hidup. Semua orang pasti mempunyai tjuan akhir. Tapi saat kita bergerak ke tujuan akhir, banyak rintangan (obstacles) yang menghadang. Dengan memakai prinsip dari Parkour, kita akan berusaha melewati rintangan obstacles tersebut dengan indah dan penuh control. Memecahkan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien. Semua manusia pasti mempunyai track kehidupannya masing-masing.
2. Melawan Rasa takut. Seseorang yang takut untuk mencoba, tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Semua manusia pasti melewati proses seperti ini. Kalau kita tidak bisa melawan rasa takut, ngga akan ada kemajuan dalam kehidupan. Kita bisa naik motor, sukses dalam bisnis, menang tender dan sebagainya adalah buah dari keberanian kita melawan rasa takut. Tapi ingat ukur ketakutan dan keberanianmu dengan meteran nyali. Kalau kita terlalu berani, kita akan bertindak bodoh, ceroboh bahkan celaka. Tapi kalo terlalu takut, maka kita tidak akan berbuat apa-apa. Jadi antara rasa takut dan berani harus seimbang.
3. Bangkit dari kegagalan. Saat kita mencoba suatu gerakan di Parkour, kita akan selalu mengalami kegagalan atau jatuh. Tapi kalo kita terus bangkit berdiri dan mencoba lagi, kita pasti akan bisa menguasai salah satu gerakan tersebut. Begitu pula dalam kehidupan. Intinya berani gagal alias berani jatuh. Coba lagi dan pelajari supaya tidak gagal dan jatuh lagi.
4. Flexibilitas dan fluiditas. Berlatih Parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita terus mengalir. Begitu pula dalam kehidupan. Saat kita berada dalam lingkungan baru, kita berpikir untuk tetap flexible dan beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Walaupun lingkungan tersebut awalnya tidak membuat diri kita nyaman. Sedangkan fluiditas akan membuat diri kita mempunyai semangat yang terus mengalir untuk menjalani kehidupan walaupun mempunyai masalah yang berat.
5. Kreatifitas dan kebebasan. Dalam Parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Hidup pun begitu, kita harus kreatif sehingga bisa berguna dan bermanfaat dalam kehidupan. Selain itu, Parkour juga mengajarkan kita untuk bergerak bebas menuju kebebasan tanpa melawan aturan.




PARKOUR TRAINING


CONDITIONING

UPPER BODY



LOWER BODY




BALANCE





TECHNIQUE

PRECISION JUMP





CAT BALANCE - QUADROPEDAL







RUNNING
*di parkour indonesia belom diajarin sih tehniknya, cuman gw rasa ini cukup membantu






LANDING - ROLLING







segitu dulu kali yah..
kalo kurang nanti ditambahin
semoga membantu :D





PIC PARKOUR INDONESIA



More pics on:
http://www.flickr.com/groups/parkourindonesia/



Cirebon

Hari : Minggu
Jam : 08.00 WIB
Tempat : Parkiran Bima 2
Contact Person :
Reza 085659889288
Ismail 081911446940
Chandra 08996327892

TOMOHON

Jamming Rutin
Hari: Selasa, Jumat, Minggu (16:00 – selesai)
Tempat: Bukit Inspirasi Tomohon
Contact Person: Hendry : 085340028564
nb : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas

MANADO

Jamming Rutin
Hari: Minggu, 16.00 – selesai
Tempat: Gedung Kantor Gubernur Manado
Contact Person:
Edgar : 085240527010
nb : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas

KENDARI

Jamming Rutin
Hari: Minggu, Jam 08.00 WITA. (Sesuai dengan kebutuhan).
Tempat: MQ dan Peralataran Masjid Agung Kendari, Sulawesi Tenggara
Contact Person:
Syawal : 0852 4187 1014
Andhika : 0852 4177 8338
NB : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas

BALI

Hari : Rabu, Pukul 15.00 WITA Alias Jam 3 Sore
Tempat : Lapangan Renon Denpasar
Hari : Minggu, Pukul 15.00 WITA Alias Jam 3 Sore
Tempat : Stadion Ngurah Rai Denpasar
Random Place : SMA 8, Lapangan Puputan, Tanjung Sanur
Contact Person :
Kade : 085935038500
Hadhi : 081999019135
Surya : 085238207027
komang sudiantara : 081916374029
Ket : Jadwal Tetap Latihan Kami, sewaktu – waktu kita juga merubah jadwal diatas dan mengadakan latihan tambahan

PASURUAN

Jamming Rutin
Hari: Senin, Rabu, Jumat, 15.30 – selesai
Tempat: Depan Stadion Untung Surapati Pasuruan
Contact Person:
Bruce 085749546772
Alip : 081334894804
nb : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas

JAMBI

Jamming Rutin
Hari: Selasa, Kamis, dan Sabtu, 15.00 – selesai
Tempat: Kantor Gubernur Jambi, Telanaipura,
GOR Kota Baru Jambi
*untuk hari minggu sesuai kesepakatan
Contact Person:
Aam: 0898 2356 324
Rudi: 0898 2425 390
Akiem: 0853 6602 8955
nb : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas

BALIKPAPAN

Jamming Rutin
Hari: Jumat dan Minggu, 15.00 – selesai
Tempat: Monpera (Monumen)
*untuk hari minggu bsa berubah jam 8pagi – till drop n lokasi tergantung kesepakatan brsama,,
Contact Person:
Nicko: 085752174880
Markus: 081254317892
Afiq: 085752199618
Ivan: 085752111880
nb : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas

TARAKAN

Jamming Rutin
Hari: Rabu, 15.00 – selesai
Tempat: Belakang Gedung Gadis / Gedung Tarakan TV
Hari: Minggu, 15.00 – selesai
Tempat: Stadion Datu Adil
Contact Person:
Mading: 085247842374
Tomi: 085247131495
Yemi: 085247975329
Reza: 085246364652
Jhody: 085246008867
nb : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas


MEDAN

Jamming Rutin
Hari: Rabu dan Minggu, 16.10 – selesai
Tempat: Auditorium USU
Contact Person:
Boy Martua – 085760790073
Handra Saito – 06177913265
Zaidil Firza – 083198147714
nb : diluar dari jadwal di atas, terkadang kami juga membuat latihan dadakan sesuai kesepakatan bersama

LOMBOK

Jamming Rutin
Hari: Minggu, 07.00 – selesai
Tempat: Taman Sangkareang
Hari: Rabu, 15.00 – selesai
Tempat: Fakultas Teknik Unram
Contact Person:
Fajar : 081917054007
Angga : 081907779859
Wilhy : 03706581325
Kak Sigit : 081915834847
nb : jadwal sewaktu-waktu bisa berubah,untuk info jadwal latihan lebih lanjut,hubungi contact di atas

PALEMBANG

Hari dan Jam:
Jumat, 15.00 – 17.30 (hari lain menyesuaikan)
Tempat: MDP PALEMBANG, Rajawali
Contact Person:
Edin: 081929310314
Info lebih lengkap tentang jadwal latihan terbaru kota Palembang bisa menghubungi Contact Person diatas atau langsung ke forum Jamming Session kota Palembang.

SEMARANG

—-> Rabu jam 15.30-till drop di Taman KB Semarang (depan SMA N 1 Smg, kadang latihan di dalem SMA N 1 juga klo di di atas jm 17.00
—-> Kamis jam 15.30-till drop di Kampus UNIKA Soegijapranata Semarang (tapi bisa pindah2…sesuai kemurahan hati bapak satpam..hehehehee)
—-> Sabtu jam 18.30-till drop latihan indoor di Gd.Seng, gedung olahraga Theresiana, dibelakang Ventura/Gd.KORPRI (lokasi ventura/gd.Korpri depan stadion Diponegoro SMG)
hari lain kadang kita ada latihan dadakan….bisa kapan saja dan di mana saja…
biasa kami punya spot di Tugu Muda Semarang, Widya Puraya Undip Tembalang, ato di mana aja…ntar biasanya kabar2 kok….

hubungi aja :
YUDHA —–> 085640082098
FERDIN —-> 085640333586
PONCO —–> 087832847440

PADANG

Hari: Jum’at
Pukul: 16.15 WIB – selesai
LokasI: PKM UNAND, di TAPLAU dk TAMBUD, di GOR
Hari: Minggu
Pukul: 06.30 WIB – selesai
Lokasi: GOR AGUSALIM dlam tribun sepak bola
Contact Person:
ZIKRI 085274447333
IWAN 085263904076
Info lebih lengkap tentang jadwal latihan terbaru kota Padang bisa menghubungi Contact Person diatas.

PEKANBARU

Hari: Jum’at, Sabtu dan Minggu
Tempat: MTQ anjungan IDRIS TINTIN & mesjid agung annur (tempat yang sering dijadikan tempat latihan bareng)
Waktu: Pukul 16.00 (khusus minggu mungkin perorangan untuk latihan kecil2an jam 6 pagi)
Contact Person:
ucha –> 081280325796
Ingin dateng (ikut atau lihat2) latihannya? hubungi Contact Personnya, gratis!!!

PURWOKERTO

Hari : Minggu
Tempat: Tempat parkir sebelah barat Sasana krida GOR SATRIA purwokerto
Jam: 08.00
Contact Person :
Ares - 085878354253
Uya - 085291212442
Info lebih lengkap tentang jadwal latihan terbaru bisa menghubungi Contact Personnya.

TANGGERANG

Hari : Sabtu & Minggu
Tempat: Taman jajan BSD Sektor 1
Waktu : 16.00 – selesai
Contact Person
Ina (Huz_da_gurl): 021-94375155/ huz_da_gurl@yahoo.com
Gatot (g_arifianto): 021-99467189/garifianto_3180@yahoo.com
Info lebih lengkap tentang jadwal latihan terbaru bisa hubungi nomor2 diatas atau ke forum Jamming Session Tangerang.

SOLO

Hari: Rabu dan Sabtu
Waktu: pukul 15.00 – 18.00
Tempat: di gedung Veledrom Manahan
Contact Persons: 085647450507 ( Enggin )
08995308220 ( T-Phe )
085647150951 ( Zamroni )

SAMARINDA

Hari : Seni, Rabu dan Jum’at
Tempat: Stadion Madya, Samarinda
Waktu : 16.00 – 18.00
Contact Person
Puji 085693849971
Maya 085250118197
Awan 085246751144
Ichal 085246836836/08565286060
Info lebih lengkap tentang jadwal latihan terbaru bisa hubungi nomor2 diatas atau ke forum Jamming Session Samarinda.

BEKASI

Class : Minggu, jam 08.00 – 11.00 WIB (On Time).
Jamming : Selasa, Jam 16.00 – Till End.
Tempat : Bumi Perkemahan GOR Bekasi..
Contact Person : Adhiet (021) 9588 4565 / (0856 95229959) / (021 94854978)

MAKASSAR

Hari: Minggu
Jam: 15.00 WITA
Tempat: Universitas Hasanudin
Hari: Selasa, Kamis, Sabtu
Jam: 20.00 WITA (malam)
Tempat: Lapangan Hasanuddin.
Contact Person :
Ato : 081355386851
Angga CP12 : 081524323281


BANDAR LAMPUNG

Hari: Minggu
Jam: 7:00 WIB
Tempat: kampus UNILA
Contact Person : Reza (085768385203)
Majid(081379183073)

BANDUNG

Hari: Minggu
Jam: 08.00 wib
Tempat: Kumpul di Gerbang Utara ITB (dekat perpustakaan pusat ITB). Kampus ITB Jalan Ganesha 10, Bandung
Contact Person:
Arbi : 08170738737
Opal: 081806553082

JOGJA

Hari: Selasa
Jam: 16.00 – 20.00 WIB
Tempat: Taman Budaya Yogyakarta
Hari: Kamis
Jam: 16.00 – 20.00 WIB
Tempat: Graha Shaba Pramana UGM
Hari: Minggu
Jam: 16.00 – 20.00 WIB
Tempat: *berpindah2, silakan sms ke CP untuk info*
CP: 0817458448 (Centra) or 085247347033 (Irham)

MALANG

Hari: Sabtu
Jam: 16.00
Tempat: UMM sebelah timur masjid (parkiran mobil), Malang
CP: Brex, 0856 4643 5489

SURABAYA

Hari: Rabu
Jam: 18.30 wib
Tempat: Parkiran M-Web, ITS Sukolilo
Hari: Minggu
Jam: 07.10 wib
Tempat: untuk sementara di Kampus ITS (sering berubah-ubah)
Hubungi CP-nya aja untuk konfirmasi tempat jamming terbaru.
Contact Person
Langit : 085655336107
Danimaru : 031-71874872

JAKARTA

Hari: Minggu
Jam: 08.00 WIB (Ontime!)
Tempat: Krida Loka (Belakang Kolam Renang Senayan)
CP: Fadli (081807284140), Ino (081808090939), Muqit (085694105405)
Info jadwal latihan terbaru ada di PK jamming session, udah dibagi per-kota.
Selain di forum, jadwal latihan juga diposting di Facebook Group Parkour Jakarta.

sumber : www.parkourindonesia.web.id


See you in Parkour Jakarta at Krida Loka Park (every sunday) or Gate VII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar